Thursday, January 30, 2020

087871268166 jasa sablon termurah di ciputat

Artikel Sablon, kali ini kami akan mengulas mengenai seni kriya cetak saring “Sablon” yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, tahapan dan cara kerjanya, nah agar lebih dapat memahami dan dimengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini. sablon merupakan salah satu teknik proses cetak yang menggunakan layar “Screen” dengan kerapatan tertentu dan biasanya berbahan dasar Nylon atau sutra.
Screen diberi pola yang berasal dari negatif desain yang dibuat sebelumnya. Kain tersebut direntangkan dengan kuat agar menghasilkan layar dan hasil cetakan yang datar. selanjutnya proses fotoresis dan disinari, akan terbentuk bagian-bagian yang dapat dilalui tinta dan tidak.
Proses intinya ialah dengan menuangkan tinta diatas layar dan lalu disapu menggunakan palet atau rakel yang terbuat dari karet. Sablon merupakan sebuah teknik untuk mencetak tinta diatas bahan dengan bentuk yang kita kehendaki. Mencetak dengan menggunakan metode sablon sangat diperlukan untuk pencetakan dalam media yang tidak memungkinkan dilakukan Mesin Digital Offset.
Saat sekarang ini alat sablon yang dapat bekerja otomatis juga telah banyak dipakai saat ini, namun walaupun demikian cetak sablon secara manual tentunya masih banyak dilakukan dengan pertimbangan biaya lebih murah, misalkan Sablon kain untuk sepanduk dan pakaian, kaos, souvenir, sablon pada media plastik dan sebagainya.
Pada artikel kali ini mengulas hal-hal penting dan mendasar mengenai cara dan teknik pencetakan sablon yang dilakukan secara manual salah satu teknik proses cetak yang menggunakan layar “Screen” dengan kerapatan tertentu dan biasanya berbahan dasar Nylon atau sutra.
Cairan tersebut apabila telah dioleskan dan dikeringkan pada permukaan screen tidak boleh terkena sinar matahari “Dipoleskan dan dikeringkan pada ruangan yang gelap/pada ruangan tanpa kena cahaya langsung ultra violet”.
Dilanjutkan dengan proses “Penyinaran” pada Sinar matahari atau dibawah sinar yang mengandung ultraviolet.
Penyinaran tersebut ditentukan dengan Hitungan untuk mengukur lamanya penyinaran dan ditentukan oleh Keras tidaknya cahaya yang menerpapermukaan screen sablon itu.
Film kemudian diangkat dari permukaan screen, Film yang telah diprint itu akan “Menampakan” duplikasi dari apa yang telah kita printa pada layar.
Karena hasil print yang kelihatan pada screen jika terkena air maka akan terlarut, ini disebabkan oleh sebab film yang dicetak “Hitam” dan permukaan layar yang ditutup Hitam tidak akan mengeras “Karena tidak tembus sinar”.
Begitu sebaliknya, disinilah perlu kehati-hatian dalam proses penyiraman yang sering disertai dengan perangkat bantu “Semprot air mini” dengan tujuan agar air bisa lebih keras dan bisa bagus tembus melelehkan hasil print yang tercetak.
Tahapan selanjutnya yakni pengeringan kembali dari proses diatas dan dilanjutkan pada proses cetak dengan pemberian tinta kusus Sablon. Proses produksinya ialah dengan menuangkan tinta di atas layar dan lalu disapu menggunakan palet atau rakel yang terbuat dari karet.
Dan bahan yang dicetak berada dibawah screen sablon dan dilakukan penekanan secara sedemkian rupa.

NO TLP/WA : 087871268166

No comments:

Post a Comment

Featured Post

087871268166 tempat garmen termurah bintaro

Kain sifon atau dikenal dengan nama chiffon, sudah ada sejak abad 18 di negara Perancis.  Awalnya bahan sifon berasal dari kepompong u...

Popular