Friday, February 14, 2020

087871268166 konveksi berkualitas di bintaro

Bahan kain Polyester merupakan bahan yang terbuat dari proses kimia yang ditemukan pertama kali pada tahun 1941 oleh Whinfield dan Dickson, ilmuwan asal Inggris yang berhasil memproses serat nilon menjadi apa yang disebut sebagai serat sintetis.
Serat atau kain Polyester sendiri menggunakan senyawa kimia dari bahan organik yang dikombinasikan dengan polyethylene terephathalate (PET) yang berasal dari minyak bumi (petroleum), yang kemudian dicampur dengan bahan katun atau sejenisnya.
Polyester berbentuk cairan kristal merupakan bentuk paling awal dari bahan ini yang digunakan untuk keperluan industri, di mana pada bahan tersebut digunakan sebagai pelapis anti panas dan juga sebagai pelindung (seal) dari mesin jet.
Sayangnya bahan kain yang satu ini juga merupakan salah satu kontributor polusi mikroplastik terbesar terutama di lautan dengan estimasi 6kg pakaian yang dibuang ke laut akan menghasilkan limbah fiber sebesar 496,030 limbah dari bahan polyester, 137,951 limbah dari bahan katun, dan 728,729 dari bahan akrilik.
Bahan ini juga sangat mengandalkan ketersediaan minyak bumi sebagai bahan baku utamanya, sehingga harga bahan bisa melambung sangat tinggi apabila cadangan minyak menipis atau bahkan tidak akan diproduksi lagi.

Kegunaan Bahan Kain Polyester


Polyester sangat sering digunakan sebagai bahan untuk pakaian yang kita gunakan sehari-hari, mulai dari kaos, baju kemeja, jas, dan lain sebagainya, meskipun juga umum digunakan untuk kebutuhan selain pakaian seperti pada furniture, industri otomotif, perkakas rumah tangga, dan lain-lain.
Alasannya, bahan ini terbilang cukup kuat, awet, dan bisa digunakan untuk beragam keperluan dikarenakan bahan ini juga tidak mudah menyerap keringat dan anti terkena jamur atau bakteri, mulai dari seragam atlit, perlengkapan kamar tidur, hingga sebagai lapisan pada badan kapal laut, motor, dan juga mobil.

Tipe Bahan Kain Polyester

Kain Polyester ini sendiri terbagi menjadi dua tipe yang dibedakan dari produk yang nantinya akan dihasilkan. Kedua tipe tersebut adalah sebagai berikut:

1. PolyEthylene Terephthalate (PET)

Tipe Polyester yang satu ini sangat umum digunakan untuk kebutuhan produksi pakaian jadi, di mana ethylene glycol yang diekstrak dari minyak bumi, dicampurkan dengan asam tereftalat dengan menggunakan katalis antimon, dan memiliki waktu yang sangat cepat untuk memproduksinya.

2. Poly-1, 4-cyclohexylene-dimethylene terephthalate (PCDT)

Variasi poliester yang umum disebut sebagai PCDT ini dibuat dengan kondensasi asam tereftalat dengan 1, 4-sikloheksana-dimetanol untuk membentuk poli-1, 4-sikloheksilena-dimetilen tereftalat atau PCDT Polyester. Sedangkan untuk PET Polyester, PCDT diproses untuk pemintalan melt.
Tipe polyester ini umumnya lebih elastis dan memiliki ketahanan ekstra dibandingkan PET, dan biasanya digunakan untuk memproduksi produk kain di luar pakaian seperti peralatan furniture dan juga tirai.

Proses Pembuatan Bahan Kain Polyester

Ada 2 metode yang bisa dilakukan dalam proses pembuatan kain Polyester, yaitu metode langsung dan tidak langsung di mana penjelasannya adalah sebagai berikut:

1. Metode Langsung (Direct)

Untuk metode langsung alias direct ini, setelah PET terbentuk dari hasil polimerisasi, maka selanjutnya PET tersebut akan disalurkan langsung menuju mesin spinning menggunakan mesin yang disebut pompa bose yang kemudian akan dibentuk menjadi benang, dan kemudian akan melalui proses pendinginan serta penggulungan.

2. Metode Tidak Langsung (Indirect)

Pada metode tidak langsung (indirect), Polyester yang sudah dibentuk melalui proses polimerisasi akan didinginkan menjadi apa yang disebut dengan brittle, yang kemudian akan dipotong kecil-kecil menjadi chips.
Setelahnya, chips tersebut akan melalui proses pengeringan (drying) dan lalu akan dilelehkan pada suhu tinggi yaitu sekitar 260-270°C, untuk kemudian akan melalui proses spinning menggunakan apa yang disebut dengan spinneret.
Nantinya Polyester yang sudah terkumpul dalam cetakan spinneret akan diberikan campuran kimia guna memperkuat keawetan, dan kemudian ditekan keluar melalui lubang-lubang kecil sehingga Polyester akan keluar dari lubang tersebut dalam bentuk helaian benang.

itulah penjelasan kami mengenai bahan polyester, nah buat kalian semua yang ingin membuat pakaian dan lainnya, kalian bisa langsung hubungi :
NO TLP/WA : 087871268166

No comments:

Post a Comment

Featured Post

087871268166 tempat garmen termurah bintaro

Kain sifon atau dikenal dengan nama chiffon, sudah ada sejak abad 18 di negara Perancis.  Awalnya bahan sifon berasal dari kepompong u...

Popular