Thursday, February 20, 2020

087871268166 tempat produksi jahit di bintaro


Nama lain bahan spandek adalah elastane. Bahan ini merupakan sejenis serat buatan yang memiliki karakter utama elastis atau mampu untuk meregang. Kemampuan bahan spandek untuk meregang ini bahkan bisa mencapai 5 kali dari ukuran sebenarnya.Bahan spandek ini merupakan bahan sintetis 100% yang memang sengaja diciptakan untuk menggantikan peran karet.
Bahan ini juga sangat mudah untuk diwarnai sekaligus juga kompatibel dengan berbagai bahan lainnya, sehingga apabila dicampurkan, bisa menghasilkan bahan yang unik, yang mempunyai karakteristik dari serat spandek dan serat bahan yang menjadi campurannya itu.

Ciri-Ciri Bahan Spandek
Bahanspandek merupakan salah satu bahan yang sering digunakan dalam dunia fashion. bahan ini merupakan salah satu jenis bahan katun yang dibuat dari campuran polyurethane dan kapas, dengan ciri-cirinya adalah sebagai berikut:
1. Bahan spandek cenderung tipis.
2. Meskipun tipis, bahan spandek juga lebih awet dan lebih kuat jika dibandingkan dengan bahan katun yang biasa.
3. Bahan spandek akan terasa lebih ketat serta cenderung panas apabila persentase polyurethane-nya tinggi.
4. Bahan spandek memiliki efek yang berkilau, tetapi tidak semuanya demikian.
5. Bahan spandek memiliki sifat yang elastis.
6. Nyaman saat digunakan.
7. Tidak membatasi gerak orang yang memakainya.
8. Bahan spandek memiliki kemampuan untuk mempertahankan ukuran aslinya, sehingga apabila diregangkan juga tidak akan mudah rusak.
9. Bahan spandek menepel pada tubuh, sehingga apabila dipakai bisa menampilkan bentuk tubuh pemakainya.

Kelebihan Bahan Spandek
Sama seperti bahan lain yang juga banyak digunakan di industri konveksi, bahan spandek ini memiliki berbagai kelebihan. Secara garis besar, kelebihan bahan spandek adalah sebagai berikut:

1. Terdiri dari berbagai varian
Sebelum akhirnya dijadikan kain, bahan spandek ini dikombinasikan dengan berbagai bahan lain terlebih dahulu sehingga memberikan hasil akhir berupa kain dalam beberapa varian dengan karakteristik tertentu.Kehadiran varian bahan spandek ini membuat konsumen memiliki pilihan mengenai bahan spandek yang mana yang dibutuhkannya.
Setidaknya ada 9 varian bahan campuran spandek yang ada di pasaran yaitu bahan nilon spandek, bahan katun spandek, rayon spandek, spandek semi rayon, polyester spandek, spandek rayon super, spandek korea, spandek jersey, dan spandek denim.
Masing-masing dari varian spandek tersebut memiliki ciri-ciri dan kelebihannya tersendiri. Sehingga jika anda memiliki salah satunya atau beberapa diantaranya sekaligus, harus mengenali masing-masing karakter karena memiliki cara perawatan yang berbeda.

2. Ringan dan tidak membatasi gerakan
Sepertinya siapapun akan setuju dengan kelebihan bahan spandek yang satu ini. Bahan spandek memang ringan saat digunakan dan karena sifatnya bisa meregang, maka bahan ini juga tidak akan membatasi gerakan pemakainya.
Oleh karena bahannya yang ringan, maka banyak digunakan untuk membuat pakaian olahraga serta pakaian dansa. Bahan ini juga pas bila dijadikan sebagai pengerat pinggang ataupun kostum ketat yang lainnya.

3. Tahan terhadap sinar UV dan minyak dari kulit
Kelebihan bahan spandek yang selanjutnya adalah tahan terhadap sinar UV dan minyak dari kulit, sehingga apabila bahan ini terpapar kedua hal tersebut, itu tidak menjadikannya rusak.

4. Mudah kembali ke ukuran asalnya
Bahan spandek memang bisa diregangkan hingga 5 kali lebih besar dari ukuran aslinya. Namun ini tidak serta-merta membuatnya langsung rusak, karena bisa kembali ke ukuran aslinya dengan cepat.

5. Tidak mudah berkerut
Apabila bahan ini digunakan dan dicuci dengan cara biasa, maka dia tidak akan mudah berkerut. Kelebihan bahan spandek yang satu ini tidak akan begitu merepotkan karena begitu selesai mencuci dan mengeringkannya, anda tidak perlu menyetrikanya lagi.

6. Lembut dan daya elastisnya bisa mengikuti bentuk tubuh
Nah, ini yang membuat bahan spandek nyaman dipakai dan tidak akan membatasi gerakan pemakainya. Jadi, selain bahan ini sangat lembut, daya elastisnya juga sangat baik, karena bisa mengikuti bentuk tubuh.

7. Tahan
Ketahanan bahan spandek yang dimaksudkan di sini adalah tahan terhadap alkali dan asam, bahkan juga termasuk keringat, suntan lotion (sejenis lotion untuk menggelapkan kulit) dan air laut. Selain itu, warna bahan spandek juga cenderung bisa bertahan dengan baik dan untuk memudar,

Kekurangan Bahan Spandek
Jika kita berbicara mengenai kelebihan bahan spandek, akan kurang lengkap rasanya jika tidak sekalian diikuti dengan kekurangannya. Adapun kekurangan bahan spandek ini adalah sebagai berikut:

1. Kurang ocok untuk kegiatan olahraga
Nah, inilah kekurangan bahan spandek yang pertama. Jadi, bahan spandek ini kurang sesuai jika dijadikan pakaian olahraga karena kurang bisa menyerap keringat.
Ini jelas bertentangan dengan kelebihan bahan spandek yang nomer 2 di atas, makanya pada tahun 2011 yang lalu, para desainer pakaian olahraga menggunakan bahan ini tetapi mencampurkannya dengan bahan lain yang lebih bisa ‘bernafas’ terlebih dahulu.

2. Daya serap kurang baik
Karena bahan spandek memiliki daya serap yang kurang baik seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ini membuat uap air atau bisa juga keringat menjadi terjebak dan tidak bisa ditransfer keluar. Tetapi ini masih tergantung pada seberapa banyak material spandek yang digunakan.

3. Menimbulkan bau dan infeksi ragi
Bahan spandek ini berpotensi menimbulkan bau serta infeksi ragi. Tentu hal ini adalah sesuatu yang pastinya kurang menyenangkan karena selain bisa menurunkan rasa percaya diri juga bisa membuat pemakainya merasa tidak nyaman.

4. Seratnya licin
Siapapun pasti tahu bahwa serat spandek ini licin. Licinnya serat bahan spandek membuat para pemakainya bisa terkena bahaya jika sedang berada di permukaan tertentu atau sedang menggunakan peralatan jika tidak berhati-hati.

5. Sensitif terhadap panas
Perlu anda ketahui bahwasanya bahan spandek ini adalah bahan yang sensitif terhadap panas. Jadi, jika anda mencucinya dengan menggunakan air panas, mengeringkannya dengan menggunakan mesin pengering yang mengeluarkan panas atau menyetrikanya, ini bisa menimbulkan kerutan sekaligus kerusakan pada bahan spandek secara permanen.

6. Menunjukkan bentuk tubuh
Ini adalah kekurangan spandek yang selanjutnya, yaitu menunjukkan bentuk tubuh. Karena sifatnya yang elastis tadi membuat bahan ini bisa mengikuti bentuk tubuh, jadilah bahan ini hanya sebagai ‘pembungkus’ tubuh saja. Oleh karena itu, bahan ini kurang cocok jika dijadikan pakaian luar untuk muslimah.

7. Tidak bisa berdiri sendiri
Kemudian dalam proses pembuatannya, bahan spandek ini ternyata tidak bisa berdiri sendiri. Artinya, bahan spandek perlu dikombinasikan dengan bahan lainnya supaya bisa menjadi kain yang akan digunakan untuk membuat pakaian.

Tekstur Bahan Spandek
Tekstur bahan spandek ini adalah halus dan lembut. Tidak heranlah kenapa banyak orang yang menyukainya. Selain itu, setelah meninjau berbagai kelebihan yang ada di atas, tampaknya bahan ini memiliki tingkat ketahanan dan keawetan yang tinggi, kecuali terhadap panas tentunya.
Jadi, jika anda ingin supaya tekstur bahan spandek yang halus dan lembut ini bertahan lama, jangan lakukan berbagai hal yang bisa merusaknya.

tempat jasa jahit atau konveksi , hubungi :

NOTELP/WA : 087871268166
Website    : https://konveksimurahpamulang.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment

Featured Post

087871268166 tempat garmen termurah bintaro

Kain sifon atau dikenal dengan nama chiffon, sudah ada sejak abad 18 di negara Perancis.  Awalnya bahan sifon berasal dari kepompong u...

Popular